Penyakit Ambeien

Sekilas Tentang Ambeien

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebutPiles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

Pembengkakan atau peradangan menurut Dr. Ir. Raffi Paramawati, M.Si. merupakan proses perlindungan sel darah putih dari infeksi oleh benda asing seperti bakteri dan virus. Adapun gejalanya adalah nyeri, kemerahan , panas, kebengkakan, dan gangguan pada fungsi tubuh normal.
Tanda-tanda pengidap penyakit wasir atau ambeien secara makroskoik diantaranya :

  1. Warna merah (rubor) terjadi karena adanya peningkatan sirkulasi darah di daerah radang dan vasodilatasi dari  kapiler.
  2. Panas (calor) terjadi akibat terjadi karena adanya peningkatan sirkulasi darah di daerah radang.
  3. Pembengkakan (tumor) disebabkan oleh adanya eksudat di jaringan daerah radang.
  4. Rasa nyeri (dolor) disebabkan oleh zat-zat mediator inflamasi seperti histamina dan adanya tekanan terhadap jaringan oleh eksudat.
  • Pencegahan penyakit ambeien atau wasir yaitu :

1) Makanlah makanan berserat tinggi, misalnya buah dan sayuran sehingga mudah untuk BAB ( buang air besar) karena feses menjadi lunak dan berbentuk besar sehingga mudah dikeluarkan saat melalui anus.
2) Banyak minum air (minimal 2 liter/ hari) namun bisa disesuaikan dengan kegiatan dan berbagai faktor lain.
3) Jangan lupa berolahraga teratur sehingga aliran pembuluh darah balik (vena) menjadi lancar selain itu akan menghindarkan dari kegemukan yang juga bisa berisiko penyebab wasir.
4) Jangan duduk atau berdiri dengan posisi sama terlalu lama, termasuk duduk atau jongkok di WC terlalu lama karena akan meningkatkan tekanan pembuluh darah balik pada anus.
5) Hindari mengedan atau menahan napas berlama lama saat BAB karena akan terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah balik di bagian bawah rectum yang akan menyebabkan munculnya gejala wasir.
6) Jangan suka menahan BAB terlalu lama karena feses dapat menjadi kering dan  keras membatu sehingga sulit keluar melalui anus, hal ini akan mengakibatkan harus mengedan lebih kuat dan lebih lama lagi yang justru akan meningkatkan tekanan pembuluh darah balik pada rectum dan anus.

  • Cara menyembuhkan penyakit ambeien tanpa operasi

Obat herbal berbahan dasar dari kulit manggis dan daun sirsak. Dimana kulit manggis ini berfungsi meredakan peradangan pada anus yang mengakibatkan rasa nyeri dan panas. Zat gamma-mangostin pada kulit manggis mampu mencegah aktivitas enzim cyclooxygenase (COX), yaitu enzim penanda adanya inflamasi atau peradangan pada tubuh.Cara menyembuhkan penyakit ambeien tanpa operasi

Obat herbal merupakan salah satu Cara menyembuhkan penyakit ambeien tanpa operasi dengan bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit ambeien tanpa operasi, mengobati penyakit wasir dari dalam dengan meredakan peradangan yang mengakibatkan rasa nyeri, dan juga melancarkan peredaran darah yang mengakibatkan rasa panas. merupakan salah satu Cara menyembuhkan penyakit ambeien tanpa operasi dengan bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit ambeien tanpa operasi, mengobati penyakit wasir dari dalam dengan meredakan peradangan yang mengakibatkan rasa nyeri, dan juga melancarkan peredaran darah yang mengakibatkan rasa panas.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s